-->

Berkenalan dengan VB.Net

Tak kenal maka tak? Sayaaaanngg, iya kira-kira seperti itulah. Kalau sobat ingin jago menggunakan sesuatu hal maka sobat harus mencintai hal tersebut terlebih dahulu. Nah begitu juga dengan vb.Net, kalau kita ingin menguasai atau handal dalam mengoperasikan VB.Net maka kita harus mencintai nya terlebih dahulu, dan salah satu cara kita untuk mencintainya yaitu dengan mengenalnya. Iye nggak?

Nah Visual Basic .Net atau yang biasa disebut VB.Net adalah sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi untuk Microsoft .Net Framework, jadi vb.net dan net.framework sudah menjadi satu kesatuan, VB.Net membutuhkan Net framework agar programnya bisa dijalankan sekaligus bisa dikompilasi.

VB.Net masih tetap menggunakan bahasa basic, jadi sama seperti Visual Basic standar, hanya saja VB.Net ini bahasanya lebih ke-inggris-inggrissan gitu, agak beda sedikit lah, tapi justru dengan adanya perbedaan tersebut, VB.Net jadi lebih mudah untuk dipahami dan dipelajari, walaupun begitu vb. net ini juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang powerfull, banyak juga dipakai oleh programmer-programmer profesional didunia.

Nah berikut adalah contoh perbedaan kodingan dari VB.Net dan VB standar dalam memunculkan pesan Pop-up :
VB standar :
     Msgbox "Selamat datang di pandaivbnet"
VB.Net :
     Messagebox.Show ("Selamat datang di pandaivbnet")
Kemudian kelebihan selanjutnya dari VB.Net adalah sudah berorientasi pada objek, fitur ini sebelumnya tidak ada pada bahasa Visual basic standar, jadi bisa dibilang kalau VB.Net adalah evolusi dari Visual Basic standar.

Nah jadi dengan VB.Net ini sobat sekalian sekarang bisa dengan mudah membuat sebuah aplikasi, selain karena sudah bersifat visual yang berarti kita bisa dengan mudah membuat aplikasi dengan tampilan GUI, struktur bahasanya pun juga sangat mudah untuk dipahami, jadi sobat bisa dengan mudah untuk membuat atau mengembangkan suatu program yang dibuat menggunakan bahasa VB.Net.

Sebagai catatan, di Blog ini admin sendiri menggunakan aplikasi "Visual studio Express 2013" dalam pembuatan kode programnya, disarankan sobat juga menggunakan Visual Studio Express 2013. Kenapa kita menggunakan VSE 2013? karena aplikasi tersebut bersifat gratis, jadi sobat bisa menggunakannya dengan bebas. Oh iya, VSE 2013 ini hanya bisa digunakan di Windows 8 saja, jadi bagi sobat sekalian yang OS nya masih Win 7 atau dibawahnya, bisa menggunakan VSE versi sebelumnya kok.

Kalo sobat mau download VSE 2013, sobat bisa klik link ini untuk menuju kehalaman Download.

Nah itu tadi pengenalan singkat mengenai VB.Net, nantikan postingan selanjutnya yah. ^_^

0 Response to "Berkenalan dengan VB.Net"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel