Dasar-dasar JAVA GUI - SWING - Event handling- Netbeans
Selamat siang sahabat pencari ilmu semua, lumayan lama juga tidak ngeposting mengingat kesibukan juga..(sok sibuk)...sekarang kita bahas JAVA GUI, mulai dari komponen yang digunakan, Event Handling dan sebagainya..hehehehe
Konsep Graphical User Interface (GUI) dijava
1. Komponen dasar Swing
2. Penanganan kejadian
3. Membangun aplikasi GUI
API (Application Programming Interface) untuk Aplikasi GUI dijava
1. AWT (abstrack Window Toolkit)
Library dan komponen GUI (java.awt) yang pertama kali diperkenalkan oleh java, pihak sun tidak merekomendasikan lagi penggunaan komponen GUI dari AWT.
2. Swing or JFC (Java Foundation Class)
Library dan komponen GUI (javax.swing) terbaru dari java dan yang direkomendasikan SUN untuk pemrograman GUI. Komponen swing sebagian adalah turunan AWT dan juga lebih lengkap daripada AWT
Fitur Swing
1. Komponen GUI lengkap :
Button, listbox, combobox, textarea, dan sebagainya
2. Pluggable Look and Feel
Tampilan GUI dapat diubah sesuai dengan kehendak (tidak perlu mengikuti native sistem operasi)
3. Data Transfer Antar Komponen
Drag and drop, copy and paste
4. Internationalization
Proses desain aplikasi yang memungkinkan aplikasi dijalankan sesuai dengan preferensi tanpa rekompilasi
5. Localization
Proses translasi teks ke bahasa dan menambahkan komponen lokal
Komponen Dasar Swing
1. Top Level Container
Kontainer dasar dimana komponen lainnya diletakan (Jframe, Jdialog dan Applet)
2. Intermediate Container
Kontainer perantara dimana komponen lainnya diletakan (Jpanel, JscrollPane, JtabbedPane, Jtoolbar, JsplitPane)
3. Atomic Component
Komponen yang memiliki fungsi spesifik dan menerima interaksi langsung dari user (Jbutton, Jlabel, Jtextarea, dsb)
4. Layout Manager
Mengatur tata letak dan posisi komponen dalam kontainer (BorderLaout, BoxLayout, FlowLayout, GridBagLayout, GridLayout)
- free layout
- border layout- box layout
- card layout
- flow layout
- grid bag layout
- grid layout
Ctt : untuk memudahkan dalam design gunakan absolut layout atau null layout
5. Event Handling
Menangani event yang dilakukan user (klik mouse, ketik keyboard, perbesar frame, dsb)
Event
- Event adalah kejadian atau peristiwa yang dilakukan oleh user terhadap user interface menggunakan peralatan mouse dan keyboard
- Setiap object dapat dinotifikasi jika suatu event terjadi sehingga objek tersebut dapat memutuskan apa yang harus dilakukan untuk menanggapi (menangani) event tersebut (event handling)
- Agar objek harus mendaftarkan diri sebagai event listener kesumber yang menghasilkan event dan mengimplementasikan interface listener yang sesuai
Proses penanganan Event
1. Komponen harus didaftarkan sebagai pendengar (listener) dengan menggunakan method addXXXListener()
Jbutton tombolProses = new Jbutton (�PROSES�);
tombolProses.addActionListener (this);
2. Mengimplementasikan inetrface listener atau meng-extend class adapter (bisa juga dengan membuat inner class)
- Class HelloGUI implements MouseListener{}
- Class HelloGUI extends MouseAdapter{} atau class HelloGUI extend Jframe{class handler extends MouseAdapter{}}
3. Menuliskan ode penangan kejadian pada method class handler extends
Mouse Adapter{
Public void mouseClicked(MouseEvent e){
//code penanganan kejadian}}
0 Response to "Dasar-dasar JAVA GUI - SWING - Event handling- Netbeans"
Post a Comment